Thursday, November 11, 2010

guru-guru keluhuran



hari ini gw pergi ke universitas katholik atma jaya buat ikut dalam bedah buku GURU-GURU KELUHURAN rekaman monumental mimpi anak tiga zaman. untuk pertama kalinya juga gw menginjak kampus ini. acarapun dimulai dengan telat beberapa menit, saya bersama teman-teman kelas 11 dan 10 beserta didampingi oleh 2 guru mulai untuk mendengarkan dan menyimak acara tersebut. pada pidato pembukaan, rektor universitas atma jaya bapak winarno mulai untuk berdan masih mau untuk membagi kisah inspiratif mereka kepada kita semua kau cerita bagaimana beliau berjuang dari kecil. beliau terlahir di keluarga yang miskin dan berjuang untuk bisa sukses hingga sekarang ini. pada pidato pembukaan ini terdapat satu kalimat yang mengganjal di hati. "bila kamu bermimpi kecil maka kamu akan menjadi kecil dan bila kamu bermimpi yang besar maka kamu akan menjadi besar" itulah kurang lebih kutipan yang beliau katakan.

buku ini pun mengisahkan sebuah cerita inspiratif dari 23 orang yang menginspiratif. buku ini bercerita tentang perjuangan mereka yang hidup di 3 zaman. sewaktu mendengar kalimat tersebut, gw berpikir bahwa buku ini ditulis oleh generasi yang berbeda dari 3 zaman, teta[i ternyata gw salah besar. buku ini ditulis oleh 23 orang yang telah hidup di 3 zaman, zaman penjajahan belanda, penjajahan jepang, dan era kemerdekaan. sungguh sesuatu yang luar biasa mnurut saya. beliau-beliau bisa hidup dalam tekanan yang besar akibat penjajahan dan masih bisa bertahan hingga sekarang dan bisa memberikan kisah inspiratif mereka semua kepada kita kaum muda. buku ini mengajarkan kita untuk bisa bermimpi, bukan hanya sekedar mimpi tetapi sebuah mimpi yang dapat direalisasikan kedalam kehidupan kita, sebuah mimpi yang bisa membawa kita ke masa depan yang cerah yang telah menunggu kita. salah satu kata yang saya dengar dan mengganjal adalah "kita pada zaman dulu telah bermimpi untuk bangsa indonesia ini, dan sekarang tugas dari anak muda indonesia untuk bisa merealisasikannya" yak, itulah tugas kita sekarang, membawa bangsa kita ini menuju ke arah yang lebih baik lagi!

menurut saya buku ini sangat menginspirasi kita, sebuah buku tentang nilai-nilai kehidupan. sebuah kisah inspiratif yang akan membuat kita bermimpi dan kita akan mensukseskan mimpi kita itu. karena kita harus membuat mimpi kita menjadi kenyataan, itulah kunci sukses kita di masa depan. dan smeua itu harus kita mulai dari sekarang bukan nanti atau besok. mimpi kita harus kita wujudkan dari sekarang, dengan mengemban pendidikan yang baik sehingga mimpi kita akan tercapai.

jadi, bermimpilah setinggi-tingginya karena masa depan kita akan terlihat dari seberapa tinggi mimpi kita dan teruslah berjuang untuk membuat mimpi kita itu menjadi kenyataan.


No comments:

Post a Comment